Sebagai salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-379 Tahun 2021, Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya berserta Istri dengan didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra beserta istri, dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis melaksanakan ziarah ke makam para leluhur Galuh Ciamis, Kamis 10/06/2021.

Ziarah leluhur dimulai pada pukul 08.00 ke Makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (Bupati Galuh 1636-1678) di Ciwahangan Girang Desa Imbanagara Kecamatan Camis. Bupati Ciamis beserta rombongan memanjatkan do’a dan melaksanakan tabur bunga.

Selanjutnya Ziarah dilakukan di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (Bupati Galuh 1814-1819) yang berada di komplek makam Cigadung, seterusnya ke Jambansari Selagangga di makam Raden Adipati Arya Kusumadiningrat (Bupati Galuh 1839-1886) serta di Sukasirna tempat dimakamkannya Raden Adipati Arya Kusumasubrata (Bupati Galuh 1886-1914).

Tempat terakhir Ziarah Bupati Ciamis beserta rombongan adalah makam Dalem Adipati Singacala yang merupakan tokoh yang berperan besar dalam penyebaran Agama Islam di wilayah Tatar Galuh Ciamis.

Dalam kegiatan ziarah tersebut, Bupati Ciamis juga menyampaikan sejumlah uang kadedeuh kepada para Kuncen sebagai bentuk apresiasi atas pengabdiannya merawat makam para leluhur Galuh Ciamis.
Seluruh rangkaian kegiatan ziarah dilasanakan dengan menerapkan protocol Kesehatan yang ketat.#

 

Press Release By Dispar

See also  Pesona Galuh Bonsai Festival se-Jawa Barat