CIAMIS. Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis gelar Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), bertempat di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Rabu (29/12/2021)

“Kegiatan ini sebagai wujud peran aktif dan bentuk tanggung jawab Dinas Pariwisata untuk membekali, membina dan memberikan pengetahuan tentang bahaya Narkoba kepada para pegawai agar memiliki pemahaman juga daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta ikut aktif dalam upaya menanggulangi sesuai perannya masing-masing”, ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, DR. H. Wasdi, M.Si.

“Dinas Pariwisata ini bekerja di wilayah yang dapat beresiko terjadinya penyalahgunaan narkoba, seperti ditempat objek wisata, cafe-cafe dan lain sebagainya”, ucap Wasdi.

“Sehingga kami ingin memberi pembekalan kepada para pegawai baik ASN maupun Non ASN yang ada di Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis terkait bahaya narkoba”, ujarnya.

“Ini pun merupakan pembekalan awal bagi para pegawai, yang biasanya mengikuti kegiatan seperti ini hanya beberapa orang saja yang diundang sebagai peserta. Namun kali ini saya berkeinginan seluruh pegawai tahu tentang bahan sosialisasi ini yang berkaitan dengan bahaya penyalahgunaan narkoba”, jelasnya.

“Kedepan kami akan merencanakan untuk mengundang para pengelola tempat wisata untuk ikut serta dalam kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba, namun saat ini fokus dulu kepada para pegawai sebagai upaya antisipatif”, pungkas Wasdi.

Selanjutnya menurut Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan ini yang menyampaikan, “Peran serta semua pihak sangat diperlukan. Dimana masyarakat ikut berperan serta membantu dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika”.

Atas penyelenggaraan kegiatan ini saya apresiasi sekali, ujar Engkos dihadapan Kepala Dinas Pariwisata dan peserta disaat menyampaikan paparan yang berjudul “Deteksi Dini Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba dan Upaya Penanggulangannya”.

See also  Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

“Kegiatan ini merupakan pencegahan dini serta upaya memberikan daya tangkal kepada pegawai agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba”, ucap Engkos.

Engkos berharap para pegawai di lingkup Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis menjadi pelopor dan mampu memberdayakan seluruh komponen yang ada di Dinas Pariwisata untuk berperan aktif dalam upaya menanggulangi masalah narkoba.

“Kegiatan ini pun sebagaimana dikatakan oleh Bapak Kepala Dinas Pariwisata merupakan upaya memberikan daya tangkal kepada masyarakat terkait masalah penyalahgunaan narkoba”, kata Engkos.

“Berharap dengan kegiatan ini akan menjadi bekal bagi para pegawai dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang bersih narkoba dan menjaga jangan sampai Kabupaten Ciamis menjadi wilayah peredaran gelap narkoba”, pungkas Engkos.

Diskominfo Ciamis
Sumber BNNK Ciamis