Ciamis,- Sebanyak 16 Orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis mengikuti Uji Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Kabupaten Ciamis. Kamis, 06/01/22.

Mengawali acara, Wabup Ciamis Yana D. Putra dalam sambutannya mengatakan dalam konteks manajemen kepegawaian, unsur sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam penentuan keberhasilan kinerja organisasi secara keseluruhan. Jelasnya

SDM identik dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap instansi pemerintah.

” Hanya dengan SDM aparatur yang berkualifikasi paripurna, tugas pelayanan masyarakat dan pembangunan yang dijalankan akan berjalan secara lebih akseleratif, efektif, efisien serta sesuai harapan masyarakat “. Tuturnya

Menurutnya, Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang progresif, responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang di emban dalam melaksanakan tugas demikian.

” Pejabat Pimpinan Tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan “. Imbuhnya

Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Ciamis, Ai Rusli Suargi mengatakan tujuan pelaksanaan uji kompetensi ini adalah sebagai evaluasi kinerja Jabatan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.

Ditambahkan Ai Rusli, Ujikom ini juga untuk mendapatkan database profil potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebagai bahan pemetaan jabatan. Jelasnya.

Kegiatan ini terselenggara berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tanggal 22 April 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.

Lebih lanjut, disampaikan Ketua Tim Panitia Uji Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama Kabupaten Ciamis Yerri Yanuar (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat) mengatakan, uji kompetensi ini sifatnya lebih kepada pengalaman di lapangan.

See also  Dinas Pariwisata Gandeng BNNK Ciamis Gelar Sosialisasi P4GN

“Uji kompetensi ini lebih kepada bagaimana menceritakan pengalaman bapak-bapak semuanya,” Ungkapnya.

“Perubahan ini harus kita laksanakan karena jabatan bukanlah hak tetapi adalah sebuah kepercayaan. Ini diperlukan karena akan menentukan bagaimana kinerja bapak semua selanjutnya “. Imbuh Yerri

Senada disampaikan Asisten Komisioner KASN Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah 2, Kukuh Heruyanto mengatakan bahwa rotasi mutasi ini penting dimana berdasarkan ketentuan bahwa pejabat pimpinan tinggi ini masa jabatannya adalah 5 tahun.

“Sehubungan hal tersebut, sehingga apabila dalam perjalanannya terjadi rotasi mutasi ke jabatan lain dalam keperluan tertentu, maka dari itulah uji kompetensi ini sangat penting”. Tuturnya.

“Ini menjadi perlu, bagi pemangku jabatan yang sudah 5 tahun menjabat, wajib dilakukan evaluasi dan bila sesuai dengan kompetensi maka jabatannya dapat diperpanjang “. Imbuhnya

Selain itu juga, Kukuh menambahkan ujikom ini bisa menjadi acuan bagi semuanya dalam menggali potensi bapak semua yang nantinya akan menemukan kecocokan jabatan. Singkatnya.

Berikut daftat nama-nama Pejabat Tinggi Pratama di lingkup pemkab Ciamis yang mengikuti Uji Kompetensi :

1. Drs. H. ANDANG FIRMAN TRIYADI, MT
2. AEF SAEFULOH, S.Sos, M.Si
3. Drs. H. DONDON RUDIANA, M.Si
4. Drs. H. OMAN ROHMAN, MM
5. UGA YUGASWARA, S.Sos, M.Si
6. SLAMET BUDI WIBOWO, SP, M.Si
7. ERWAN DARMAWAN, S.STP, M.Si
8. DAVID FIRDHA, SH, MM
9. Dr. H. WASDI, M.Si
10. dr. YOYO, MM.Kes
11. RUDI, SE
12. Drs. SYARIEF NURHIDAYAT, M.Si
13. DR. H. TAUFIK GUMELAR, ST, MM
14. ASEP DEDI HERDIANA, SE
15. Dr. H. KURNIAWAN, Ak, CA
16. Drs. H. DADANG DARMAWAN, M.Si

(Cicih/Sumber Diskominfo)