“Kita, masyarakat Kabupaten Ciamis sudah sepatutnya merasa bangga kepada para pendahulu yang telah membawa Galuh pada kejayaan dan keemasan pada masanya.” Demikian salah satu pernyataan yang di sampaikan Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya dalam acara Mieling Ngadegna Galuh Ke 1410 Tahun yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 2022 di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing.

Lebih lanjut Bupati Ciamis dalam sambutannya juga menegaskan bahwa sejak beliau dilantik menjadi Bupati selalu berupaya agar kejayaan Galuh di masa lalu dapat terulang kembali. Dan diyakini bahwa dengan kesadaran masyarakat yang tinggi, Galuh akan bisa bangkit dan berkembang.   

Acara perayaan yang diselenggarakan untuk ke 6 kalinya ini, mengambil tema “Purwa Carita Patimuan Kamulyaan.” Selain dihadiri oleh Bupati Ciamis dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis dan masyarakat luas, hadir pula Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) Dr. A.A. Maparesa dan Wawakil Kerajaan Galuh Rd. H. Hanif Rasich Radinal beserta keluarga.

Dalam sambutannya Rd.Hanif menyampaikan bahwa perayaan Mieling Ngadegna Galuh yang dilaksanakan setiap tanggal 23 Maret ini merupakan salah satu perwujudan dari rasa syukur, penghormatan dan upaya meneruskan spirit kegaluhan bagi keturunan Galuh dan masyarakat pada umumnya.

 

Dispar/Cicih Sukaningsih

See also  Temu Akhir Tahun Para Pelaku Pariwisata Ciamis