Jumát (09/09/2022). Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali memperingati HUT Gong Perdamaian Dunia, kali ini yang ke 13. Hadir dalam perayaan tersebut Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya dengan didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra, Irjen Pol (Purn) Anton Charlyan dan Unsur Forkopimda serta dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan.


Dalam sambutannya, Bupati Herdiat menyatakan bahwa Gong Perdamaian Dunia di Kabupaten Ciamis merupakan simbol persaudaraan. Bahwa Kerajaan Galuh merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara dan masyarakat Kabupaten Ciamis merupakan pewaris dari Kerajaan Galuh yang harus terus memeliharanya, sehingga Galuh tetap berada di hati masyarakat Ciamis.


Bupati Herdiat juga menyatakan bahwa nama Kabupaten Ciamis segera akan kembali ke nama Galuh. Untuk kepentingan tersebut pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Ciamis telah melakukan pengkajian, sehingga, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, nama Ciamis ini kembali ke nama Galuh. Oleh karena itu Beliau mengingatkan agar Galuh jangan hanya ada di hati tetapi harus terwujud bahwa Galuh itu ada!


Lebih lanjut, Bupati Herdiat juga menjelaskan bahwa Karangkamulyan yang memiliki luas 2 hektar dan rest area yang berada di sekitar obyek wisata, pada awalnya merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sekarang sudah menjadi milik Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kedepan beliau berkeinginan menjadikan Karangkamulyan sebagai Pusat Kebudayaan yang tertata dan dikelola dengan baik sehingga bisa menjadi daya tarik wisata skala lokal maupun mancanegara.

 


Cicih Sukaningsih/Dispar

See also  Hadiri di Ciamis GATRIK Galuh Tour Kota Klasik