West Java Festival merupakan event tahunan yang secara berkala di selenggarakan tiap tahun oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaan WJF (West Java Festival) waktu Juli s.d September yaitu tepatnya pada tanggal 2-3 September 2023 yang melibatkan 27 (dua puluh tujuh) Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat, bertempat di Gedung Sate, Gasibu, Dago, Stadion Siliwangi. WJF untuk tahun 2023 merupakan momentum untuk meresapi perjalanan keberhasilan 5 (lima) tahun terakhir yang penuh kebanggaan dan prestasi yang telah banyak dicapai dan ditorehkan pada masa kepemimpinan Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil. Kegiatan WJF pada kali ini merupakan untuk ajang perpisahan beliau dengan masyarakat Jawa Barat.

Kegiatan WJF pada tahun ini mengusung beberapa kegiatan yang akan diusung yaitu Exhibition dan Bazzar, konser, karnaval dan event kolaborasi dengan 27 (dua puluh tujuh)  Kab/Kota di Jawa Barat yaitu sebagai berikut:

1. Exhibition dan Bazzar

Lokasi   : Gedung Sate, Gasibu diikuti oleh OPD Pememerintah Provinsi  Jawa Barat

Waktu   :    Tanggal 2 s.d 3 September 2023

2. Konser

Lokasi         : Stadion Siliwangi

Waktu         : 3 September 2023

3. Karnaval

Lokasi         : Start di Jl. Ganesha – Taman Cikapayang- Finish di Jl. Dipenogoro.

Pelaksanaan Karnaval akan melibatkan 27 Kabupaten/Kota dengan menampilkan karnaval dengan tema “Harmoni Insecta From West Java : Menyelami Kekayaan Seranga dan Memelihara Kebudayaan Untuk Merawat Bumi”. Pada pelaksanaan karnaval WJF ini akan dihadiri oleh para Kepala Daerah dari 27 Kab/Kota.

4. Colaboration (Kolaborasi)

Konsep kolaborasi yang akan diusung yaitu akan melibatkan seluruh Kabupaten/Kota untuk memilih event-event seperti pameran, sport, Pagelaran, Karnaval, Konser dll  yang berlangsung  selama bulan Agustus di Kabupaten/Kota, yang nantinya akan dikolaborasikan dengan Kegiatan WJF. Setiap Kab/Kota yang melaksanakan event selama bulan Agustus diharapkan berkolaborasi dengan  WJF dalam bentuk memasang logo WJF pada background event yang dilaksanakan serta diharapkan menyediakan layar lebar, videotron dan soundsystem dimana nantinya Bapak Gubernur Jawa Barat akan menyapa warga Jawa Barat sekaligus mengucapkan salam perpisahan. (Gin/Pemasaran Dispar Ciamis).

See also  Kampung Kerukunan Ciamis, Bukti Toleransi Antar Umat Beragama!