dispar.ciamiskab.go.id – Kegiatan Karnaval Budaya Pangrumasan telah berlangsung selama tiga hari, yang dimulai dari hari minggu 1 Oktober 2023 sampai dengan selasa 3 Oktober 2023, di Pangrumasan Sukamaju Desa Banjaranyar, Ciamis.

Acara karnaval ini terdapat berbagai pentas seni tradisional. Kemudian bazar makanan tradisional, permainan jaman buhun atau jaman dahulu, siraman rohani, dan puncak acaranya yaitu Jamasan atau Ngumbah benda pusaka.

Karnaval Budaya Pangrumasan dihadiri oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Setda (ASDA 1) H Wasdi, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga(Disbudpora), Aparatur Desa Banjaranyar, Aparatur Kecamatan Banjaranyar, Kapolsek, Danramil, Tokoh adat serta Tokoh Budaya.

Menurut Wasdi, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis mengapresiasi kegiatan ini karena bukan sekedar ngamumule budaya, tetapi mengembangkan perekonomian melalui seni budaya dan pariwisata.

 

“Seni budaya yang diwariskan para leluhur ternyata bukan sekedar hiburan saja tapi banyak makan bekal kehidupan kita.” ucap Wasdi.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Olahraga Muharam Az menambahkan, bahwa agenda Karnaval ini akan terus dilakukan dan berkelanjutan serta berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin dan bisa berkelanjutan, sehingga tradisi atau kebiasaan di daerah tersebut bisa terjaga.

“Jika berkelanjutan, kami akan melakukan atau mengupayakan kegiatan ini jadikan sebagai warisan budaya tak benda,” katanya, saat menghadiri acara tersebut.

See also  Nyepuh Tradisi Adat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis