dispar.ciamiskab.go.id. Kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan di kelas oleh guru terhadap muridnya. Sudah sejak februai 2022 lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meluncurkan kurikulum baru bernama “Merdeka Belajar”.

Sejak pertama kali diluncurkan, Kurikulum Merdeka Belajar sukses mengakselerasi kualitas pendidikan di Tanah Air. Melalui program tersebut, Kemendikbudristek berhasil memperkuat beragam aspek pendidikan mulai dari kurikulum, penguatan siswa dan tenaga pengajar, hingga bantuan-bantuan pendidikan.

Kurikulum merdeka belajar mencakup tiga tipe kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler. Metode ini merupakan suatu pendekatan agar siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati sehingga mereka bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa berkarya lebih baik bagi bangsa.

Terbaru, Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Kawali mengunjungi Situs Astana Gede Kawali dalam rangka kurikulum merdeka dipandu langsung oleh Kabid Destinasi, Udenk (depan) dan Pemandu, Eno (belakang). Foto : Media Dispar Ciamis

Seperti halnya daerah lain, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Kabupaten Ciamis juga mulai menjalankan kurikulum merdeka belajar.  Tipe kegiatan pembelajaran yang banyak dilakukan ialah pembelajaran intrakulikuler dimana peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi diluar kelas.

Menyikapi kurikulum merdeka belajar, Dinas Pariwisata Kab. Ciamis mendukung penuh dalam terlaksananya kegiatan tersebut bagi sekolah dan atau perguruan tinggi di Ciamis. Program yang diluncurkan ialah Outing Class menggunakan Bus Wisata Gatrik mengunjungi berbagai destinasi wisata.

Outing class bertujuan untuk memperkenalkan sejarah destinasi wisata, ekonomi kreatif seperti kuliner, kesenian, dan budaya.  Tentunya ini menjadi penguatan pengetahuan mengenai warisan yang ada di tatar galuh.  Hal ini juga akan sangat membantu para pengajar untuk menerangkan materi di tempat-tempat yang dikunjungi.

See also  Bupati Ciamis: Nyangku Budaya Warisan Para Leluhur Yang Harus Dirawat dan Dilestarikan.

Banyak destinasi wisata, ekonomi kreatif seperti kuliner, kesenian, dan budaya yang bisa dijadikan obyek saat menjalankan kurikulum merdeka belajar di Ciamis. beberapa diantaranya sudah dirangkum dalam paket wisata yang ditawarkan dengan menggunakan Bus Wisata Gatrik untuk mengunjunginya.

Berikut ini destinasi wisata, ekonomi kreatif seperti kuliner, kesenian dan budaya di Ciamis yang bisa dijadikan obyek saat menjalankan kurikulum merdeka belajar.

  1. Destinasi wisata : Situ Lengkong, Museum Bumi Alit, Mini Ranch Sapi Pasundan, Astana Gede Kawali, Kampung Bungur, Situs Jambansari, Keraton Selagangga, Perpustakaan Daerah dan Karangkamulyan
  2.  Ekonomi Kreatif : Abon Daging Sapi Ciamis, Jengkol Coklat Jeng’Ni, Colok Gembrung, Galendo,  Comring, Jawadah Takir, Ciamis Garden, Kerajinan Nyere, Pabrik Makaroni, dan Saung Kataji Buhun Kiwari
  3. Kesenian dan Budaya : Bebegig Sukamantri, Wayang Landung, Buta Kararas, Bale Budaya DPG, Kolotik dan Kampung Angklung