dispar.ciamiskab.go.id. Pecinta bonsai di Kab. Ciamis melangsungkan silaturahmi di momen lebaran Idul Fitri 1445 sekaligus ajang kompetisi tanaman bonsai. Kegiatan ini dilaksanakan di Destinasi Wisata Embung Sukaraharja, Desa Sukaraharja, Kec. Lumbung selama 3 hari beruntun pada Jum’at sd. Minggu (19-21/04/2024).

Gelaran bertajuk Moe Bareng Bonsai ini dilaksanakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kab. Ciamis melalui Club Bonsai Kaboga dan Club Petuk Kawali, dan berhasil menyedot animo para pecinta bonsai. Tercatat, lebih dari 30 pecinta bonsai dari Kabupaten dan kota tetangga turut hadir meramaikan kegiatan.

Kepala Bidang Destinasi, Udenk saat meninjau salah satu tanaman bonsai yang diikut sertakan pada kegiatan Moe Bareng Bonsai di Embung Sukaraharja, Lumbung. (Foto : Koleksi Pribadi Udenk)

Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata memberikan apresiasi kegiatan Moe Bareng Bonsai. Khusus bagi sektor pariwisata, kegiatan tersebut banyak membantu bagi pemasaran wisata juga berimbas pada pemberdayaan masyarakat sekitar dimana even tersebut dilaksanakan.

Kepala Bidang Destinasi, Dian Kusdiana, S.IP., MM. atau akrab disapa Udenk juga mengamini kegiatan tersebut sebagai bentuk pemasaran wisata dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Menurutnya, even tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan akan menambah daya tarik bagi obyek wisata.

“Melalui even Moe Bareng Bonsai diharapkan terus continue sehingga akan membangkitkan gairah pelaku bonsai, yang mana apabila kegiatan seperti ini dilakukan di destinasi wisata akan menambah pada pemberdayaan masyarakat di sektor wisata”. Ujar Udenk

Udenk juga menambahkan bahwa bonsai adalah salah satu industri kreatif yang memiliki kearifan, kreatifitas dari hulu sampai hilir mulai pembudidaya, pengrajin, trainer, pupuk, media tanam, pot sampai pameran.

Pada kegiatan yang berlangsung 3 hari tersebut, Moe Bareng Bonsai dimulai dari pendaftaran dan penerimaan pohon di hari jum’at, penjurian di hari Sabtu, serta penetapan dan pengumuman juara di hari terakhir. 

See also  Sidang Paripurna Istimewa DPRD, Puncak Peringatan Hari Jadi Ciamis ke- 380 Tahun 2022

Tanaman bonsai yang diikut sertakan dalam even Moe Bareng Bonsai didominasi oleh pohon jenis Anting Putri, Picus sejenis beringin dan pohon Serut. Beberapa poin yang dijadikan penilaian diantaranya keunikan tanaman bonsai yang bisa menyerupai tanaman aslinya di alam serta terlihat tua di media pot.