dispar.ciamiskab.go.id Kabupaten Ciamis mempunyai sebuah bangunan Keraton bernama Keraton Selagangga. Keraton ini merupakan tempat benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan galuh serta peninggalan Bupati Galuh yaitu RAA. Kusumadiningrat.

Keraton Selagangga atau dikenal juga dengan Museum Galuh Pakuan berlokasi di Jln. K.H Ahmad Dahlan No.40 , Kabupaten Ciamis. Keraton ini dulunya digunakan sebagai rumah bupati galuh. Keraton ini juga dibangun dalam 3 tahap, Pertama tahun 1850-an, kedua tahun 1890-an, terakhir tahun 2010.

 

Pada museum yang terletak di jantung Kota Ciamis ini menyimpan 200 benda peninggalan zaman Megalitikum hingga era Islam di Tatar Galuh. Banyaknya benda bersejarah tersebut menjadi salah satu bukti dari sejarah panjang Kerajaan Galuh yang juga adalah Ibu Kota Negara di masanya.  

Benda-benda tersebut diantaranya batu-batu yang bentuknya seperti gajah (ganesha), sapi, batu pemujaan, batu menhir, batu lumping, dolmen, dan ada juga batu prasasti. Selain itu, terdapat alat – alat musik tradisional berupa gamelan, benda pusaka, senjata, meriam, golok dan tombak.

Museum ini juga memiliki perpustakaan yang berisi buku-buku tentang Kerajaan Galuh dan Kebudayaan Sunda. Tak hanya itu, museum ini sering digunakan tradisi jamasan pusaka galuh dalam rangka melestarikan budaya lokal tatar galuh, dimana tradisi ini sering dilakukan secara turun – temurun yang biasanya dilakukan pada bulan mulud.

sumber : https://visitciamis.com/keraton-selagangga-pusat-kebudayaan-yang-bersejarah-dan-berkembang-di-ciamis diolah penulis.

See also  Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis, Menggali Cerita dan Nilai Luhur Warisan Raja-Raja Sunda!