dispar.ciamiskab.go.id. Dinas Pariwisata Kab. Ciamis bersama Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Kab. Ciamis melaksanakan pengembangan SDM penggiat pariwisata di Desa Wisata Cibeureum, Kecamatan Sukamanti melalui Workshop Tour Planner dan Pelayanan Prima pada Rabu (15/04/2024).

Para peserta yang hadir terdiri dari aparat desa, BPD, Bumdes, LPM, PKK, pengelola desa wisata, pokdarwis dan pengelola wisata. Workshop Tour Planner dan Palayanan Prima diharapkan mampu memberi gambaran SDM penggiat wisata di Desa Wisata Cibeureum sehingga lebih siap dalam melayani wisatawan.

Workshop Tour Planner dan Pelayanan Prima di Desa Wisata Cibeureum (Foto : Media Dispar Ciamis)

Khusus untuk Tour Planner, peserta diharapkan mampu untuk menyusun paket perjalanan wisata yang layak jual. Selain itu, workshop ini juga dilaksanakan sebagai persiapan SDM di Desa Wisata Cibeureum mengingat Desa Wisata Cibeureum diproyesikan sebagai destinasi wisata premium di Jawa Barat.

Tim dari Dinas Pariwisata Kab. Ciamis dan BP2D Kab. Ciamis terlebih dahulu melakukan survey lapangan terkait potensi wisata yang ada di Desa Wisata Cibeureum. Beberapa daya tarik wisata yang dikunjungi yaitu :

  1. Mini Ranch Sapi Pasundan
  2. Situ Cibubuhan
  3. Laksana Farm
  4. Situs Batu Panjang
  5. Bumi Perkemahan Werkit
  6. Curug Cicekong
  7. Peternakan Ayam Petelur
  8. UMKM Keripik Singkong

Hasir survey ini akan menjadi bahan promosi melalui Profil Desa Wisata Cibeureum, buku saku pemandu wisata serta paket wisata.

See also  Peresmian Pusat Budaya Bojong Galuh Karangkamulyan