Ciamis – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan didampingi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Yana D Putra meresmikan objek wisata Situ Wangi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jabar, Sabtu (19/2/2022).


Objek wisata Situ Wangi pada tahun 2021 lalu telah dilakukan penataan area Situ dan sekitarnya. Dan hasilnya penampilan objek wisata tersebut telah jauh lebih baik dari sebelumnya. Berbagai fasilitas wisata antara lain gazebo, jalur pedestrian, amphitheater, masjid, wedding garden, menara pandang serta tugu macan, telah terbangun dengan indah dan megah.


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang telah hadir secara pribadi meresmikan objek Wisata Situwangi. Bupati Herdiat Sunarya juga menjelaskan bahwa objek wisata Situ Wangi merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat antara lain untuk memancing ikan atau juga keperluan irigasi kolam. Dan sekarang setelah direvitalisasi oleh Pemprov Jabar tampilanya lebih bagus untuk aktifitas wisata.

“Tampilan Situ Wangi yang saat ini lebih bagus dan dengan berbagai fasilitas yang melengkapinya. Semoga dapat menarik wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan dari luar daerah,” katanya. Dan untuk akses jalan ke Objek Wisata Situ Wangi yang dirasa kurang lebar, untuk mobilitas kendaraan-kendaraan besar, Bupati Ciamis menyatakan akan menyempurnakannya di tahun 2022


“Untuk mengiringi pembangunan yang telah dilakukan Pemprov Jabar di Situ Wangi, pada tahun 2022 kita telah menganggarkan kegiatan untuk perluasan jalan, agar kendaraan besar bisa lebih leluasa masuk lokasi wisata,” Ujarnya


Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan penataan Objek Wisata Situ Wangi telah menyerap anggaran APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 11 miliar. Selanjutnya dengan telah diselesaikannya revitalisasi Situ Wangi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh swarga masyarakat, terutama dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

See also  Video Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024


Perancangan desain penataan Situ Wangi dibuat langsung oleh Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jawa Barat dan disampaikan saat melakukan kunjungannya ke objek wisata Situ Wangi pada tahun 2018. Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa di Objek Wisata Situ Wangi sengaja dirancang Wedding Garden agar selain memberikan income juga untuk memberikan nuansa baru pada upacara pernikahan dengan latar pemandangan yang alami dan nyaman. Gazebo Kuliner yang juga dihadirkan dimaksudkan agar aktifitas ekonomi masyarakat bisa tumbuh lebih baik dan berdampak terhadap terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.


“Pada dasarnya berbagai fasilitas yang dihadirkan di Situ Wangi selain untuk objek wisata juga untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat. Hal ini dilakukan agar ekonomi bisa bertahap pulih dan masyarakat pun merasakan dampak positif dari hadirnya objek wisata di daerahnya,” Demikian harapan yang disampaikan Gubernur Jawa Barat atas Revitalisasi Obyek Wisata Situ Wangi, di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

 


CICIH SUKANINGSIH