dispar.ciamiskab.go.id – Milangkala Gong Perdamaian Dunia kembali digelar tahun ini bersamaan dengan dilaunchingnya logo Priatim Geulis pada Sabtu (09/09/2023). Peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-14 dirayakan dengan sangat meriah dan dihadiri seluruh lapisan masyarakat yang menyaksikan langsung.

Tahun ini, Peringatan Gong Perdamaian Dunia ke-14 terbilang istimewa karena terdapat beberapa rangkaian acara dalam satu waktu. Diawali dari Kirab Merah Putih, Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-14, Peresmian Pusat Budaya, dan diakhiri dengan kegiatan Launching Logo Priatim Geulis.

Rangkaian Acara Peringatan Gong Perdamaian Dunia Ke-14

Selain milangkala gong, tahun ini juga diadakan Kirab Merah Putih yang digagas oleh Yayasan Harmoni Nusantara Bangkit. Tak tanggung-tanggung, bendera merah putih sepanjang 1001 Meter dibentangkan oleh 1.400 orang dari kalangan siswa, masyarakat umum, TNI/POLRI, serta para kelompok adat menjadikan kegiatan tersebut lebih meriah.

Milangkala Gong Perdamaian Dunia ke-14 memiliki makna persaudaraan dan perdamaian bagi umat manusia. Disamping itu, Kirab Merah Putih memiliki makna persatuan dan kesatuan serta menumbuhkan rasa nasinalisme terutama bagi masyarakat di Kabupaten Ciamis.

Acara kemudian beralih ke depan Gerbang Pusat Budaya Karangkamulyan yang juga akan dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Ciamis. Peresmian Pusat Budaya Bojong Galuh Karangkamulyan dibangun sebagai upaya pemajuan kebudayaan, sehingga para penggiat seni mempunyai wadah yang resmi.

Acara peresmian ini dimeriahkan oleh berbagai macam pagelaran, penampilan karya seni dan pameran ekraf. Selain itu menampilkan juga kreasi seni Naga Barongan, Tarian Garuda, serta Tabuh Balaganjur Kreasi yang langsung di datangkan dari Bali.

Selanjutnya Launching Logo Priatim Geulis juga sukses dilaksanakan di Amphitheater Pusat Budaya Karangkamulyan. Priatim Geulis merupakan Strategi Pengembangan Pariwisata Terintegrasi melalui Inisiatif Branding Priatim Geulis antara 6 Kota/Kabupaten di Priangan Timur.

See also  PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS AKAN MERESMIKAN PUSAT BUDAYA KARANGKAMULYAN SERTA MENGGELAR SEJUMLAH EVENT DI SITUS BUDAYA KARANGKAMULYAN...

Bupati Ciamis yang hadir bersama unsur forkopimda serta tamu undangan dari Disparbud Jawa Barat dan dari 6 kabupaten/kota di Priangan Timur mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas suksesnya penyelenggaraan empat acara sekaligus.

Selanjutnya, kepala Dinas Pariwisata Kab. Ciamis, Budi Kurnia S.Ag., MM. tak ketinggalan menyampaikan rasa terimakasih dan bangga kepada seluruh tamu undangan, para penampil dan masyarakat yang sama-sama menyaksikan. Acara ini tentunya menjadi titik pacu kemajuan Kab. Ciamis yang salah-satunya dari sektor pariwisata.

“Hal yang membuat istimewa kegiatan ini yaitu adanya kirab merah putih yang berhasil dikibarkan mulai dari cikahuripan hingga area gong. Semoga dikibarkannya bendera sepanjang 1001.101 M ini dapat menambah pengetahuan masyarakat terutama masyarakat nusantara.” Ucap Budi.

“Selanjutya, saya sangat bangga atas dilaunchingnya logo Priatim Geulis sebagai simbol pariwisata bagi 6 kabupaten/kota. Logo ini akan menjadi pemersatu dalam pengembangan pariwisata yang terintegrasi di priangan timur”. Tambah Budi.

Budi berharap, dengan dilaunchingnya Logo Priatim Geulis bisa menjadi identitas pembeda yang bisa membangun citra, keyakinan, jaminan dan kualitas destinasi serta media promosi sebagai daya tarik terhadap wisatawan. Hal lainnya adalah bentuk penguatan ekosistem pariwisata di Priangan Timur sehingga mempercepan peningkatan perekonomian di 6 kabupaten/kota lewat pariwisata.