dispar.ciamiskab.go.id. Kabar gembira bagi Warga Tatar Galuh Ciamis yang sering bepergian ke Ibu Kota Jakarta, kini dipermudah dengan dibukanya rute baru perjalanan kereta api. PT. KAI secara resmi membuka rute Ciamis-Jakarta dengan menggunakan KA Pangandaran tujuan akhir Stasiun Gambir per tanggal 24 Januari 2024.

Mulai tanggal tersebut, Stasiun Ciamis siap melayani masyarakat yang ingin pergi ke Jakarta menggunakan kereta api kelas eksekutif. Hal ini menambah pilihan transportasi kereta api dengan tujuan Ibu Kota yang sebelumnya sudah ada KA Serayu Relasi Ciamis-Jakarta kelas ekonomi.

 

Adanya pilihan transportasi kereta api eksekutif membuat masyarakat akan merasa lebih aman dan nyaman dengan beroprasinya KA Pangandaran. Disamping itu, nantinya memungkinkan ‘Negeri Tatar Galuh’ ini akan semakin memudahkan orang dari luar kota baik untuk bekerja, bertemu keluarga bahkan berwisata.

Kepala Stasiun Ciamis, Gugum Gumilar, S.E, membenarkan informasi terkait beroprasinya KA Pangandaran per 24 Januari 2024. Menurutnya, tambahan transportasi kereta api ini mempermudah masyarakat untuk melakukan mobilisasi dari Ciamis maupun menuju Ciamis.

“Dengan beroperasinya KA Pangandaran memudahkan warga untuk melakukan mobilisasi khususnya ke arah Bandung dan jakarta serta ke kota-kota besar lainnya” Ucap Gugum.

Gugum juga menambahkan, Stasiun Ciamis bisa menjadi pintu masuk bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk berwisata ke destinasi wisata yang ada di Ciamis. Hal ini juga akan mendorong perekonomian masyarakat dan berdampak positif untuk pelaku UMKM.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kab. Ciamis, Neni Gantini S.P., MM. menyambut baik kabar rute KA Pangandaran relasi Ciamis-Jakarta tersebut. Menurutnya, salah satu variabel membangun industri pariwisata adalah transportasi dan akses yang mudah dan nyaman.

See also  Puncak Peringatan Hari Air Dunia ke 29 Tingkat Jawa Barat Tahun 2021

“Dalam mempromosikan suatu destinasi wisata, transportasi dan akses yang mudah dan nyaman merupakan hal utama. Adanya rute baru kereta api eksekutif ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan ke seluruh destinasi wisata di Kab. Ciamis secara signifikan. Tutur Neni.

Neni juga menambahkan bahwa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya rute kereta api eksekutif menuju Ciamis. Dalam industri pariwisata, ia berujar hal ini akan memberikan efek spending of money & meningkatkan pendapatan pelaku usaha pariwisata serta kesejahteraan masyarakat Ciamis.

Jadwal keberangkatan KA Pangandaran dari Stasiun Ciamis menuju Stasiun Gambir yaitu pukul 17.18 WIB. dan diperkirakan sampai pukul 00.49 WIB. Sedangkan kedatangan di Stasiun Ciamis dari Stasiun Gambir pada pukul 16.02 WIB. Untuk nomor KA Pangandarannya sendiri yaitu KA 7024A dan KA 7028A.

Bagi warga Ciamis yang ingin mencoba KA Pangandaran bisa membeli tiketnya dengan datang ke loket Stasiun Ciamis atau menggunakan aplikasi Access by KAI.